IKMAL Mengadakan Buka Bersama “Mahasiswa dan Wacana Kedesaan”

IKMAL  mengadakan acara buka bersama dan temu kangen antar mahasiswa di setiap penjuru indonesia yang berdomisili di Langkaplancar pada bulan Ramadhan kemarin tepatnya tanggal 13 juni 2018, selain  untuk mempererat tali silaturhami IKMAL melakukan agendan khas kemahasiswaan diskusi kecil dengan tema “Mahasiswa dan Wacana Kedesaan” .

Rencana ini dilakukan untuk  lebih saling mengenal satu sama lain agar terciptanya hubungan emosioal yang kuat khusunya bagi Mahasiswa-mahasiswa yang sedang melakukan study jauh di luar kota dan hanya bisa pulang di Hari-hari Besar saja, juga untuk mendiskusikan diantaramya  tentang Pengenalan Desa Percontohan di bidang IT dan Rencana Pebuatan Buku seputar Langkaplancar.

IKMAL menawarkan program desa percontohan di bidang IT yang bekerjasama dengan KOMINFO ke setiap desa yang ada di langkaplancar, hal ini akan mendorong terciptanya pemerintahan desa yang ideal dan trasparan dengan membentuk desa binaan yang berfokus pada pengembangan teknologi infomasi kedesaan. Seirama dengan UU no 6 tahun 2014 tentang desa pasal 3 bahwasananya pengaturan desa berasaskan :

-reognisi

-subsidiaritas

-keberagaman

-kegotongroyongan

-kekeluargaan

-musyawarah

-demokrasi

-kemandirian

-partisipasi

-kesetaraan

-peberdayaan dan,

-berkelanjutan

Pengertian desa menurut Prof Dr. R Bintaro bahwasannya suatu perwujurtan geografi yang yang di timbulkan oleh unsur fisiografis, sosial, ekonomi, politik dan kultur yang terdapat di daerah yang bersangkutan dalam hubungannya dan pengaruh timbal balik dengan daerah lain.

Menurut  UU No. 22 th. 1948. Pasal 1. Desa merupakan daerah yang terdiri dari satu atau lebih dusun yang digabungkan sehingga merupakan suatu daerah yan memiliki sayarat-syarat cukup untuk berdiri menjadi daerah otonom yang berhak mengatur rumah tangga sendiri.

IKMAL juga merencanakan pembuatan karya tulis berupa buku yang menceritakan seputar Langkaplancar, ini di harapkan akan menajdi referensi bagi semua masyarakat khususnya di Langkaplancar Pangandaran bila ingin mengetahui seputar Langkaplancar. dalam karya tulis ini di masukan beberapa point penting  diantaranya profile dari setiap desa termasuk subnya mengenai sejarah, letak geografis, mata pecarian, struktur prangkat desa, lembaga-lembaga formal, ormas dll. Point berikutnya yaitu tentang SDM(Sumber Daya Manusi) termasuk didalamnya potensi masyarakat, pendidikan, tokoh masyarakat dll. dan point terakhir mengenai SDA(Sumber Daya Alam) termasuk di dalamnya menceritakan potensi alam, dll.

MARI BESAMA-SAMA MEMBANGUN DESA. :>

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *